Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mematuhi Hukum, Menjaga Hak Warga


Jawaban dari pertanyaan mengapa kita mesti mematuhi hukum adalah karena hukum menjaga keamanan kita dan hak-hak kita sebagai warga negara.

Maksudnya bagaimana? Begini penjelasannya

Dari Mana Hukum Muncul

Ketika muncul interaksi antar manusia yang muncul bukan hanya yang baik. Kadang yang tidak baik juga muncul. Ketika ada kejadian tidak baik, maka ada kebutuhan bagaimana agar hal ini tidak terjadi.

Ketika ada urusan pinjam meminjam dengan memakai nama orang lain, muncul aturan atau hukum tentang wajibnya punya identitas resmi yang diakui.

Tujuan hukum dibuat

Jadi tujuan kenapa hukum dibuat adalah untuk memberikan keamanan. Bukan untuk menyusahkan sebagaimana yang dianggap sebagian orang.

Agar merasa aman dalam pinjam meminjam, ada aturan atau hukum untuk memberikan identitas resmi. Bukan berarti ini untuk mempersulit, justru ini untuk memberi rasa aman. Aman bagi yang meminjamkan dan juga nanti yang dipinjami.

Maka saat bertransaksi dengan bank, kau selalu akan diminta identitas resmi. Bentuknya bisa SIM atau paspor. Intinya identitas yang secara legal menyatakan bahwa namamu, alamatmu memang benar adanya. Bukan fiktif.

Begitu juga ketika ada orang yang bilang dia dari bank. Kau bisa meminta dia menunjukkan identitas resmi dari bank. Bahkan untuk memeriksa, kau bisa menelpon bank dan menyampaikan bahwa ada orang yang datang menemuimu atas nama bank. Ini agar kau merasa aman dalam transaksi.

Contoh lain, ada hukum pengendara kendaraan bermotor wajib punya SIM atau Surat Ijin Mengemudi. Tujuannya bukan untuk mempersulit. Orang yang tidak punya kecakapan mengendarai motor akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Agar banyak orang merasa aman dalam berkendara atau melakukan perjalanan, dibuat aturan. Bagi yang ingin mengendarai kendaraan bermotor, wajib punya keahlian standar. Keahlian standar ini dibuktikan dengan memiliki SIM.

Baca Juga: Tugas Kelas X SMA yang Lain 


Contoh lain adalah undang-undang wajib menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor. Lagi-lagi tujuannya bukan untuk menyusahkan pengendara motor.

Hukum ini dibuat karena banyak kecelakaan yang berakibat fatal karena luka di kepala. Agar muncul rasa aman dalam berkendara motor dan menghindari korban jiwa saat kecelakaan, dibuatlah hukum wajib memakai helm saat mengendarai sepeda motor.

Contoh paling akhir, menjelang Idul Fitri di masa pandemi Covid-19,untuk naik pesawat ada hukum yang mewajibkan harus ada surat bebas Covid-19. Tujuannya agar penumpang pesawat, awak pesawat dan personel di bandara merasa aman.

Kesimpulannya

Sebenarnya hukum dibuat untuk memberi rasa aman dan melindungi warga negara. Dengan mematuhi hukum, akan muncul rasa aman.

Kau akan merasa aman berkendara bila tahu bahwa yang mengendarai kendaraan punya keahlian standar. Bahkan pejalan kaki juga akan merasa aman saat berjalan di trotoar.

Bayangkan bila tidak ada hukum yang mewajibkan pengendara motor punya keahlian standar. Semua orang bisa menggunakan motor, baik ia bisa mengendalikan motornya atau tidak. Kau pasti merasa tidak aman.

Sebaliknya bila hukum tidak dipatuhi, akan banyak kejadian berbahaya yang menimpa baik diri sendiri atau orang lain. Itulah alasan mengapa kita mesti mematuhi hukum.

Wallahu a'lam 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal