Mengapa Kita Harus Cinta Produk Indonesia? Banyak Manfaat



Jawaban intinya, karena dengan cinta dan menggunakan produk Indonesia Indonesia makin sejahtera. Makin banyak produk Indonesia dipakai, makin banyak produsen diuntungkan. Produsen makin besar, tenaga kerja terserap. Penghasilan penduduk Indonesia makin besar.

Masih bingung? Berikut ini penjelasannya.

Contoh Efek Cinta Produk Indonesia

Contoh langsung dari produksi tas. Di Indonesia banyak UKM yang membuat tas. Saat tas hasil UKM ini dibeli dan dipakai, efek langsungnya, UKM dapat penghasilan.

Saat UKM makin besar, makin banyak produk yang bisa dibuat. Bila produk yang dibuat makin banyak, tenaga kerja dibutuhkan. Makin banyak orang yang kerja dan dapat penghasilan, makin besar belanja kebutuhan misal sembako.

Saat sembako banyak dibeli, produsen atau distributor sembako diuntungkan. Proses ini kemudian berulang sebagaimana UKM produsen tas.

Baca juga: Tugas Kelas VII SMP yang lain

Efek Lain Menggunakan Produk Indonesia

Di atas adalah efek langsung yang dirasakan. Ada juga efek lain yang terjadi yang juga penting.

Saat banyak produsen atau pabrik makin besar, menunjukkan bahwa punya pabrik di Indonesia menguntungkan. Orang kaya ingin agar uangnya bertambah melirik hal ini. Ia ingin menanamkan modal di pabrik atau produsen.

Begitu banyak investor yang menanamkan modal ke pabrik di Indonesia, makin banyak yang tahu bahwa Indonesia aman untuk investasi. Indonesia akan dilirik banyak pihak sebagai mitra yang penting.

Bagaimana Bila Tidak Menggunakan Produk Indonesia?

Ketika banyak produk dari negara lain masuk ke Indonesia dengan harga lebih murah, banyak orang membeli produk ini. Di saat yang sama, UKM tidak bisa bersaing dengan harga yang sama. UKM rugi karena banyak produknya tidak terjual.

Semakin lama, UKM akan sulit membuat produk. Dan akhirnya bubar.

Saat makin banyak UKM bangkrut, pasar-pasar di Indonesia hanya kebanjiran produk impor. Karena tidak ada produk selain produk impor, produsen asal negara lain bisa menaikkan harga tanpa ada kompetisi.

Lama-kelamaan, Indonesia hanya akan jadi konsumen. Penduduknya besar, banyak kebutuhan yang bisa jadi peluang usaha. Hanya saja karena produsennya tidak ada. Produknya hanya dari impor. Indonesia akan tergantung dari negara lain.

Makin tergantung Indonesia dengan negara lain, makin banyak aturan yang dipaksakan ke Indonesia. Indonesia makin mudah diatur negara lain. Kedaulatan Indonesia semakin kecil.

Kesimpulannya

Bila kau cinta produk Indonesia, kau membantu menguatkan kedaulatan Indonesia, membantu kesejahteraan warganya, dan meningkatkan pamor Indonesia di mata dunia.  

Wallahu a'lam 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal