Mengapa Menjaga Keseimbangan Alam dan Kelestarian Sumber Daya Alam Penting?



Jawabannya, karena kebutuhan hidup manusia bersumber dari alam. Bila keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam terganggu, maka yang menerima akibatnya adalah manusia sendiri.

Masih bingung? Begini penjelasannya. 

Kebutuhan Hidup Manusia Apa Saja?

Kebutuhan terpenting manusia adalah oksigen, air dan makanan. Tanpa oksigen, manusia tidak bisa bertahan lebih dari 3 menit. Tanpa air, manusia tidak bisa bertahan lebih dari 3 hari. Tanpa makanan, manusia tidak bisa hidup lebih dari 3 minggu. Dari manakah asal oksigen? Tentu saja dari udara. Dihasilkan oleh tanaman yang melakukan fotosintesis. Bila semakin banyak tanaman atau pohon dirusak, maka jumlah oksigen jelas berkurang. Saat oksigen berkurang, sedikit deni sedikit tubuh manusia akan menurun kondisinya. Lalu dari manakah asal air dan makanan? Keduanya berasal dari alam di sekitar kita. Air bersih yang kita minum sekarang ini berasal dari air tanah. Yang kemurnian dan kesegarannya terjaga lewat penyaringan alami. Yang menyaring adalah lapisan tanah dan tanaman. Bila lapisan tanah ini berubah, maka kemampuan menyerap dan menyaring air akan berubah. Kondisi air yang kita minum akan berubah menjadi lebih buruk. Makanan berasal dari hewan dan tumbuhan. Keduanya juga membutuhkan oksigen, air dan makanan. Bila makanan hewan adalah tanaman, maka makanan tanaman didapatkan dari zat yang ada di dalam tanah. Lagi-lagi bila kondisi tanah berubah, tidak hanya air yang terpengaruh, hewan dan manusia juga akan merasakan dampaknya.

Tidak Menjaga Kelestarian Sumberdaya Alam

Contoh tidak menjaga kelestarian sumber daya alam adalah membuang limbah pabrik di sungai. Banyak hewan dan tumbuhan menggantungkan makanan dari sungai. Bila sungai tercemar, tumbuhan mati, ikan mati, mikroba yang mendaur ulang juga akan mati. Air dari sungai tidak bisa dimanfaatkan. 

Tidak hanya itu, limbah pabrik yang dibuang ke sungai akan menuju laut. Lama kelamaan limbah juga akan membuat tanaman dan hewan di laut mati. Air laut tidak bisa lagi digunakan. 

Tidak Menjaga Keseimbagan Alam

Sedangkan contoh tidak menjaga keseimbangan alam adalah menggunakan pupuk kimia berlebihan. Mikroba dan hewan yang menyuburkan tanah (misal cacing) butuh makanan. Normalnya, pupuk kandang, humus, adalah makanan bagi para makhluk penyubur tanah ini.

Tapi bila pupuk kimia yang banyak dipakai, tidak ada makanan bagi penyubur tanah. Meski tanaman yang dipupuk dengan pupuk kimia bisa menghasilkan lebih bagus, ini hanya sementara. 

Dalam waktu lama, tanah jadi gersang. Karena tidak lagi seimbang unsur kesuburan tanahnya. Makhluk penyubur tanah banyak yang tersingkir karena sedikitnya makanan yang mereka dapatkan. 

Kesimpulannya, mengapa menjaga keseimbangan dan kelestarian alam itu penting? Karena manusia mendapatkan kebutuhannya dari alam. Bila keseimbangan dan kelestariannya hilang, manusia akan kesulitan memenuhi kebutuhannya. 

Wallahu a'lam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal