Apakah Kebenaran Itu dan Mengapa Harus Ditegakkan?

 

kebenaran, kebohongan, akal manusia

Kebenaran adalah keadaan yang sesuai dengan fakta ataukenyataan yang sesungguhnya. Mengapa kebenaran harus ditegakkan? Karena hanya dengan kebenaran manusia bisa hidup dan memecahkan masalahnya. Begini penjelasan lengkapnya.

Contoh Sederhana Betapa Butuhnya Manusia dengan Kebenaran


Manusia sangat butuh dengan kebenaran. Baik manusia secara individu terlebih manusia sebagai masyarakat. Bila kebenaran tidak ditegakkan dan kebohongan atau kepalsuan beredar, manusia akan mengalami masalah besar.

Contoh sederhana, bila kau lapar dan tidak punya makanan, lalu kau menemukan sesuatu di jalan. Kau tidak tahu apakah benda ini bisa dimakan atau tidak. Kau pun bertanya kepada orang lain di sekitarmu.

Bila mereka tahu bahwa benda itu tidak bisa dimakan dan memberitahu yang benar, maka kau selamat. Tapi sebaliknya bila mereka berbohong dan mengatakan benda itu bisa dimakan, maka kau akan celaka.

Itu baru contoh sederhana bagaimana kebenaran bisa menyelamatkan nyawamu. Tapi itu baru informasi sederhana. Sekarang ini banyak informasi atau berita bohong tersebar di mana-mana.

Baca juga: Tugas Kelas X lainnya 

Efek Kebenaran yang Tidak Ditegakkan


Manusia setiap hari pasti menghadapi masalah. Dalam menghadapi masalah ia butuh informasi yang benar. Dengan informasi yang benar, logika manusia bisa digunakan untuk memecahkan masalah. Manusia bisa berpikir rasional untuk memecahkan masalahnya.

Tapi logika itu akan salah bila info yang ia peroleh adalah info yang tidak benar alias berita bohong. Maka ia tidak akan bisa memecahkan masalahnya, lebih lagi, ia akan memunculkan masalah baru. Hidup nanusia akan selalu dipenuhi masalah.

Bila kebohongan tersebar di mana-mana manusia akan menjadi ragu-ragu dan was-was. Akan selalu muncul pertanyaan, apakah yang kulakukan sudah benar atau belum.

Kebohongan Memunculkan Petaka


Dalam masyarakat, untuk menjamin keselamatan manusia dibuatlah aturan. Misal aturan untuk tidak merokok di tempat umum. Mengapa aturan ini dibuat? Karena setelah dilakukan berbagai penelitian, ternyata merokok membahayakan kesehatan terutama bagi yang tidak merokok.

Bayangkan bila penelitiannya kemudian tidak menyatakan kebenaran. Bisa jadi muncul kesimpulan bahwa merokok tidak membahayakan kesehatan. Dan ini pasti menjadikan aturan larangan merokok tertolak.

Ini baru satu contoh yang sering kau jumpai. Masih banyak aturan yang bertujuan menyelamatkan manusia butuh sumber dasar yang benar. Bila dasar membuat aturannya sudah tidak benar, bisa dipastikan aturan yang dibuat akan membahayakan.

Wallahu a'lam.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal