Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra?



Alasan mengapa Bangsa Barat melakukan penjajahan samudra sebenarnya adalah untuk mencari negara penghasil rempah-rempah. Mereka ingin mendapatkan keuntungan tinggi dari rempah-rempah.

Masih bingung? Begini penjelasannya

Rempah-Rempah Penghasil Kekayaan Melimpah 

Rempah-rempah adalah produk yang menguntungkan bagi orang Eropa di abad 16-17. Jalur perdagangannya di masa itu dikuasai oleh kekhalifahan Turki Utsmani. Jadi harganya ditentukan oleh Turki Utsmani.

Selain faktor ekonomi, berkurangnya keuntungan perdagangan rempah, faktor agama juga berpengaruh. Pemimpin-pemimpin Eropa menganggap kalau perdagangan rempah-rempah dengan Turki Utsmani, memberi keuntungan kepada Islam.

Untuk itu, mereka bersepakat untuk mencari tahu mana negara yang mensuplai rempah-rempah ini. Maka disepakati Kerajaan-Kerajaan Eropa akan melakukan penjelajahan Samudra.

Maka setelah itu banyak ditemukan daratan di kawasan lain. Sampai akhirnya mereka menemukan kawasan nusantara.

Kerajaan Belanda lewat VOC, di tahun 1600 an sudah menemukan sumber penghasil rempah-rempah. Untuk itu, mereka melakukan perdagangan. Tapi perdagangan tidak cukup. Bila hanya berdagang masih ada pesaing. Mereka ingin menguasai produk rempah-rempah. Maka dimulailah niat untuk menjajah.

Awalnya Bukan Penjajahan Atas Nama Negara

Jadi awalnya orang Eropa datang ke wilayah Asia bukan untuk menjajah. Mereka datang untuk berdagang. Membawa banyak komoditas dari Asia ke kerajaan mereka.

Hanya saja ada persaingan di antara kerajaan-kerjaan Eropa. Dan satu sama lain berusaha untuk menguasai wilayah penghasil rempah-rempah untuk memaksimalkan keuntungan.

Hasilnya penduduk atau kerajaan asli yang ada di Asia termasuk Nusantara diperalat menjadi senjata. Kekuasaan kerajaan di Asia digerogoti dengan pemberontakan yang diotaki orang Eropa.

Setelah kerjaan melemah, atau kekuasaan jatuh ke tangan pemberontak yang dimodali Eropa, mereka mulai menguasai wilayah penghasil rempah-rempah. Dimulai dari berdagang, menguasai kerajaan sampai diakhiri dengan menjajah.

Kembali lagi ke pertanyaan, alasan mengapa orang Barat melajukan penjelajahan samudra utamanya adalah untuk memperkaya diri mereka.

Memang ada juga yang bilang ada tiga alasan utama yakni gold, gospel  dan glory. Kekayaan, keyakinan dan nama baik atau kejayaan. Tapi tanpa iming-iming mendapatkan kekayaan, sepertinya Eropa enggan menyebarkan keyakinan dan kejayaan.

Wallahu a'lam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal