Mengapa Jepang Menerapkan Kebijakan Ekonomi Perang?


Jawaban mengapa Jepang menerapkan kebijakan ekonomi perang adalah agar Jepang memenangkan perang. Indonesia yang dijajah Jepang di 1942 dijadikan negara pendukung yang mensuplai kebutuhan perang Jepang.


Masih bingung? Begini penjelasannya

Jepang, Negara Besar tapi Kurang Sumber Daya Alam

Jepang adalah negara yang kuat di sumber daya manusia tapi lemah di sumber daya alam. Dalam Perang Dunia Kedua, Jepang yang menyerang negara-negara di Asia, sebenarnya tidak punya banyak persediaan. Untuk bisa bertahan, Jepang butuh banyak sumber daya alam.

Indonesia yang melimpah sumber daya alam jadi target Jepang. Setelah berhasil mengusir Belanda dan sekutunya, dimulailah Jepang menggunakan Indonesia sebagai penyedia kebutuhan perang.

Efek kebijakan Ekonomi Perang

Kebijakan ekonomi perang artinya menjadikan semua hasil negara jadi sumber biaya perang. Tidak hanya sumber daya alam, sumber daya manusia juga digunakan untuk perang. Hal ini punya efek penting

Indonesia sebenarnya punya produk hasil perkebunan yang menguntungkan. Tapi karena produk ini tidak bisa digunakan dalam perang, Jepang melarang penduduk Indonesia menanam hasil perkebunan seperti teh, cengkeh, kopi dan lain-lain.

Sementara itu banyak lahan dijadikan lahan menanam padi atau jagung. Tentara butuh makan, jadi kebutuhan beras dan jagung meningkat. Banyak lahan di pulau Jawa jadi lahan padi dan jagung di masa penjajahan Jepang.

Di sisi sumber daya manusia, kebutuhan  tentara juga besar. Dibentuklah pelatihan-pelatihan militer di masa penjajahan Jepang. Ini bukan niat baik Jepang mendidik tentara Indonesia. Tapi niatnya adalah untuk meningkatkan jumlah tentara perang Jepang.

Kesimpulannya

Mengapa Jepang menerapkann kebijakan ekonomi perang? Karena Jepang ingin memenangkan perang tapi tidak punya sumber dana perang.

Solusinya, menjajah negara yang kaya dengan SDA dan SDM, lalu menggunakan kekayaan negara jajahan untuk membiayai perang. Indonesia yang jadi negara jajahan Jepang disulap menjadi penyuplai biaya perang Jepang.

Pendidikan militer Jepang di berbagai daerah memunculkan banyak pemuda Indonesia yang punya kecakapan militer. Ini bukan untuk membantu Indonesia, tapi untuk membantu perang  Jepang.

Begitu juga berubahnya lahan pertanian. Banyaknya lahan padi dan jagung, bukan untuk membantu penduduk Indonesia. Justru ini untuk memenuhi kebutuhan makan tentara Jepang.

Wallahu a'lam.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal