Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi?



Jawaban atas pertanyaan kenapa kita harus punya toleransi adalah karena setiap manusia pasti berbeda. Bila tidak punya toleransi, kita tidak akan bisa hidup damai.

Apa Itu Toleransi?

Secara mudah, toleransi artinya menerima perbedaan. Dalam kehidupan sehari-hari kita akan menjumpai orang yang punya pendapat atau pemahaman yang berbeda dengan kita. Tidak hanya berbeda pendapat, perilaku dan kebiasaannya juga bisa jadi berbeda.

Ditambah lagi sekarang ini perpindahan penduduk makin mudah. Alasan pendidikan, pekerjaan atau pernikahan membuat muncul orang-orang baru di lingkungan kita. Orang-orang ini pasti membawa perbedaan.

Toleransi berarti menerima bahwa manusia lain punya perbedaan dan merasa nyaman dengan perbedaan itu. Kalau tidak bisa menerima perbedaan, tidak akan muncul ketenangan dalam hidup. Setiap hari pasti muncul keributan.

Berbeda adalah Fakta

Setiap manusia pasti berbeda. Antara suami dan istri saja berbeda. Yang satu laki-laki, yang satu perempuan. Ini baru jenis kelamin. Belum lagi perbedaan dalam hal pikiran.

Anak kembar yang dilahirkan dari ibu dan ayah yang sama, lalu dididik dengan cara yang sama, ternyata sering menghasilkan pribadi yang berbeda. Belum lagi dengan tetangga, rekan kerja bahkan orang lewat yang pasti punya banyak perbedaan.

Bila seseorang tidak bisa menerima perbedaan ini, tidak terbayangkan, betapa banyak masalah yang ia hadapi setiap hari. Di rumah ia berbeda pendapat dengan istri. Di kantor berbeda pendapat dengan teman kantor. Di jalan berbeda pendapat dengan sesama pengguna jalan.

Tidak Harus Diseragamkan

Memang bila dilihat sekilas, perbedaan memunculkan konflik, jadi ada pandangan untuk menyeragamkan. Tapi diseragamkan sampai seperti apa? Justru bila dipikir lebih lanjut, perbedaan Inilah yang membuat hidup jadi lebih menyenangkan.

Adanya orang kaya dengan uangnya, bisa transaksi orang miskin dengan tenaganya. Petani di desa dengan beras dan sayur bisa transaksi dengan nelayan yang mendapatkan ikan.

Adanya perbedaan justru bisa membuat orang memiliki ide-ide atau gagasan yang bermanfaat.

Tetap Mematuhi Aturan

Yang sering membuat munculnya masalah adalah pelanggaran aturan, tidak adanya penindakan atas pelanggaran atau belum adanya aturan.

Justru ketiga hal di atas yang mestinya dikaji ketika muncul permasalahan atau konflik. Bukan malah meniadakan perbedaan. Dengan adanya aturan dan penindakan pelanggaran, masyarakat bisa mendapatkan keuntungan dari perbedaan yang ada.

Wallahu a'lam  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal