Mengapa Pemanasan Global Dapat Menyebabkan Kepunahan Spesies?

Kepunahan spesies, pemanasan global, penyu terancam punah

 

Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies adalah karena terjadi perubahan alam yang mempengaruhi semua ekosistem. Begini penjelasannya.

Penyu, Hewan yang Terancam Punah Karena Pemanasan Global

Penyu adalah salah satu hewan yang terancam punah. Jenis kelamin penyu yang menetas dari telur tergantung suhu pasir tempat telur berada.

Bila suhu pasir di bawah 27 derajat Celcius, penyu jantan yang muncul. Sementara bila pasir berduri di atas 30 derajat Celcius, penyu berkelamin betina.

Ketika terjadi pemanasan global, suhu air laut jadi lebih hangat. Hal ini juga menyebabkan suhu pasir akan lebih hangat. Lama-kelamaan, makin banyak penyu betina, sementara penyu jantan semakin hilang.

Tanpa ada proses reproduksi atau perkawinan, penyu akan menurun jumlahnya seiring waktu dan akan punah.

Baca juga: Tugas Kelas VII SMP Lainnya

Jaguar, Kucing Besar yang Hampir Punah

Ini adalah hewan asli Benua Amerika. Jaguar tinggal di pegunungan. Jumlahnya semakin berkurang tahun demi tahun. Alasannya? Suhu yang semakin meningkat.

Saat suhu udara semakin meningkat, utamanya saat musim panas, banyak pepohonan dan rumput kering. Bila tidak ada daun dan rumput hijau, herbivora akan makin sedikit. Sedikit makanan tersedia bagi jaguar, terutama bayi jaguar.

Di samping itu suhu yang panas juga bisa menyebabkan kebakaran hutan lebih sering dan lebih luas. Ini akan mengancam keberadaan jaguar di alam.

Efek Lain yang Serius

Saat banyak pohon mati terbakar, air tanah yang biasanya ditahan oleh akar-akar tanaman akan lewat begitu saja. Suhu yang panas juga menyebabkan lebih banyak uap air di udara. Hujan deras lebih sering terjadi.

Saat hujan deras terjadi dan pepohonan semakin sedikit, banjir besar akan sering terjadi. Tidak hanya binatang, manusia juga akan terancam dengan banjir yang lebih sering terjadi dan lebih besar.

Bagaimana Solusinya?

Memperbaiki alam sesuai dengan kondisi aslinya. Contoh yang bisa kau ambil adalah dengan menanam kembali pohon mangrove.

Mangrove yang banyak dan kuat akan mencegah erosi laut. Selain itu, banyak sumber makanan yang muncul di ekosistem mangrove yang baik. Manusia dan hewan bisa mendapatkan manfaat yang besar dari ekosistem mangrove.

Itu tadi penjelasan mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies. Semoga kau bisa mengambil manfaat dari tulisan ini.


Referensi 

Sumber Gambar : Mike Brice

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal