Mengapa Kita harus Memberikan Pendapat Saat Musyawarah?

rapat, memberikan pendapat, musyawarah


Kenapa kita harus memberikan pendapat saat musyawarah? Karena kemampuan dan pandangan manusia tentang banyak hal berbeda. Untuk bisa memecahkan masalah dengan sebaik-baiknya butuh berbagai macam pandangan.

Contoh Mudah Kenapa Harus Memberikan Pendapat saat Musyawarah

Dalam sebuah rapat RT tentang Covid-19, Pak RT memberikan edaran kepada warga. Edaran itu berisi himbauan agar warga siap ketika ada lockdown. Setelah menyampaikan edaran Pak RT menyediakan waktu bagi warga untuk berdiskusi.

Bagi warga yang tergolong mampu, lockdown tidak masalah. Bahan pangan bisa dibeli, kebutuhan selama lockdown bisa dipenuhi. Oleh karena itu warga yang mampu tidak mengeluarkan pendapat. Daripada bikin rame.

Melihat orang yang mampu dan berpendidikan tidak menolak, warga dengan ekonomi menengah ke bawah hanya terdiam. Mereka tahu bahwa wabah ini berbahaya. Warga harus mematuhi edaran dari pemerintah. Tapi bagaimana dengan makan mereka.

Bila di-lockdown, mereka harus makan apa? Kerja tidak boleh, sementara listrik dan air tetap harus bayar. Ditambah lagi ada berita kalau anak-anak sekolah harus pakai internet. Padahal Hape saja mereka tidak punya.

Saat mau mengeluarkan pendapat. Mereka bingung. Khawatir dianggap tidak setuju program pemerintah. Mereka pun hanya bisa diam.

Baca juga: Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudera?


Ada lagi orang menengah. Rata-rata karyawan pabrik pekerjaannya. Sudah ada kabar dari pabrik, karyawan akan dikurangi. Mereka sudah was-was. Selama ini mereka tidak kekurangan. Tapi menghadapi lockdown dan Covid-19 mereka juga was-was. Ingin berkeluh kesah, melihat orang yang tidak mampu tidak berpendapat. Mereka pun hanya diam.

Pak RT melihat tidak ada keberatan dari warga. Akhirnya menetapkan bahwa warga di kampungnya siap lockdown.

Kau bisa menebak betapa kacaunya kondisi saat lockdown benar-benar berjalan. Ini karena tidak menyampaikan pendapat  saat musyawarah. Menyampaikan pendapat saat musyawarah bukan berarti pasti tidak sepakat dan bikin rame.

Justru dengan menyampaikan pendapat, Pak RT bisa tahu, berapa warga yang siap lockdown? Berapa warga yang bisa memberikan bantuan kepada tetangga? Berapa warga yang butuh bantuan? Apa saja bantuannya? 

Masalah Covid-19 memang adalah masalah kesehatan. Tapi penyelesaiannya bukan hanya masalah masker dan PHBS. Ada banyak sisi yang harus disampaikan agar menyelesaikan masalah bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya

Itu tadi gambaran mengapa harus memberikan pendapat saat musyawarah. Semoga bisa diambil manfaatnya. 

Wallahu a'lam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal