Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

 

kerjasama memenuhi kebutuhan, memasak nasi dan lauk, butuh kerjasama dengan manusia lain

Jawaban pertanyaan mengapa manusia harus melakukan kerjasama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya adalah karena kemampuan manusia terbatas, sedangkan kebutuhannya beragam dan terus berkembang.

Masih bingung? Begini penjelasannya.

Contoh Kebutuhan Manusia

Manusia butuh makan. Untuk makan, harus ada nasi, lauk dan air minum. Untuk bisa masak nasi, orang sekarang butuh rice cooker. Rice cooker butuh listrik. Untuk mendapatkan lauk matang butuh kompor dan gas.

Itu baru satu kebutuhan makan. Manusia untuk makan butuh banyak hal, tidak hanya makanan pokok berupa beras.

Untuk makan saja, ada banyak kebutuhan harus dipenuhi. Meskipun kau seorang petani padi dan punya banyak beras, kau masih butuh hal yang lain. Dan hal-hal yang lain ini susah untuk bisa kau penuhi sendiri.

Kau butuh rice cooker yang tidak bisa kau buat sendiri. Listriknya juga tidak bisa kau buat sendiri. Ini baru sebagian kecil kebutuhan manusia. Belum kebutuhan lain soal pakaian, tempat tinggal, hiburan, komunikasi dan seterusnya.

Baca juga: Mengapa Air Penting bagi Manusia?

Harus Bekerja Sama

Karena kemampuannya terbatas, maka harus ada kerjasama. Kamu yang sudah punya beras, harus bekerja sama dengan penjual rice cooker. Penjual rice cooker harus bekerja sama dengan pabrik pembuat rice cooker.

Pimpinan pabrik pembuat rice cooker juga harus bekerja sama dengan desainer, ilmuwan yang meneliti, pekerja pabrik dan seterusnya. Meskipun ada imbalan yang diberikan yang berputar ke berbagai pihak, inti bahwa manusia harus bekerja sama tidak pernah berubah.

Kebutuhan Manusia Berkembang

Dulu orang tidak merasa butuh dengan pulsa atau paket data. Tapi sekarang pulsa atau paket data ini jadi penting. Informasi dan hiburan jaman sekarang jadi kebutuhan yang mendesak.

Dan untuk mendapat informasi dan hiburan kau butuh yang namanya paket data.

Ojek online, dulu juga belum jadi kebutuhan. Baru setelah muncul internet dan harga hape semakin murah, pembuat aplikasi ojek online memunculkan kebutuhan itu. Kini ojek online juga menjadi kebutuhan penting manusia terutama di perkotaan.

Ini baru contoh dari berkembangnya kebutuhan manusia. Ke depan akan muncul lebih banyak lagi kebutuhan manusia yang mungkin sekarang tidak pernah kau bayangkan ada.

Kebutuhan manusia bertambah, manusia tetap hanya punya dua tangan, dua kaki, satu otak dan waktu 24 jam sehari semalam. Ini keterbatasan manusia. Jadi mustahil seseorang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri.

Oke, itu tadi penjelasan mengapa manusia harus melakukan kerja sama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Semoga bermanfaat.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal