Mengapa Kita Memerlukan Energi Alternatif? Ini jawabannya



Kita membutuhkan pilihan energi lain selain BBM dari minyak bumi karena jumlahnya terbatas dan tidak bisa diperbaharui. Banyak yang bilang cadangan masih ada, tapi sampai kapan bisa bertahan dengan konsumsi yang besar seperti sekarang. Sementara untuk membuat BBM dari minyak bumi prosesnya butuh jutaan tahun.

Sebenarnya banyak pilihan energi alternatif. Energi alternatif ini aman bagi lingkungan karena minim hasil samping karbondioksida. Selain itu, energi alternatif ini tersedia dalam jumlah yang berlimpah.

Beberapa Contoh Energi Alternatif

Contoh pertama energi alternatif adalah energi dari air sungai. Energi ini sudah banyak digunakan. Menggunakan bendungan untuk menampung air sungai, alirannya bisa diatur untuk memutar turbin dan menghasilkan energi.

Energi ini sudah banyak digunakan. Kita mengenalnya dengan PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air. Air sungai tersedia banyak di Indonesia. Selain itu tenaga yang dihasilkan juga besar. Ini adalah pilihan energi yang diminati banyak negara.

Energi matahari. Dengan ditemukannya panel surya, sinar matahari bisa diubah jadi energi listrik. Dengan kondisi di Indonesia yang mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun, energi dari matahari bisa didapatkan dengan mudah.

Ketiga adalah energi dari angin. Negara -negara besar seperti Jerman dan Belanda sudah menggunakan angin sebagai energi pilihan yang tersedia hampir sepanjang tahun. Angin selalu ada setiap ada perbedaan suhu dan tekanan udara. Maka energi angin bisa digunakan di hampir setiap negara.

Masih banyak pilihan energi alternatif lain yang bisa digunakan. Dengan semakin berkembangnya teknologi, biaya produksi energi akan semakin murah.

Sampai sekarang mungkin belum banyak fasilitas yang memungkinkan untuk membuat energi alternatif ini digunakan dengan mudah dan murah. Oleh karenanya, sambil proses penyiapan fasilitas berjalan, kita bisa menggunakan BBM dengan lebih bijak. Hematlah penggunaan BBM.

Wallahu a'lam.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal