Mengapa Manusia Disebut Makhluk Sosial?



Mengapa manusia disebut makhluk Sosial? Jawaban pertanyaan ini adalah karena manusia tidak bisa hidup sendiri. Ia membutuhkan manusia lain untuk hidup. Hidup manusia sangat tergantung dengan manusia lain.

Domba dari lahir sampai bisa berdiri butuh waktu kurang dari sehari. Begitu juga dengan binatang lain. Saat sudah bisa makan rumput, ia tidak lagi butuh kehadiran domba lain. Ia bisa hidup sendiri.

Bandingkan dengan manusia. Butuh waktu 2 tahun untuk bisa berdiri. Setelah itu ia masih tergantung dengan ibu bapaknya untuk hidup. Barulah setelah ia dewasa dan bisa mencari nafkah sendiri ia berpisah dari orang tua.

Setelah bisa mencari nafkah sendiri pun, ia tidak bisa berpisah dari orang lain. Ia tetap butuh orang lain. Kalau ia kerja di kantor, dia butuh Bos yang ngatur pekerjaannya. Kalau dia pedagang dia butuh pembeli.

Yang Membuat Bahagia adalah Orang Lain

Bahkan berdasarkan penelitian, yang menyebabkan manusia bisa bahagia adalah bila ia punya hubungan yang baik dengan manusia lain. Ya, salah satu yang menjadikan manusia bahagia adalah punya teman.

Dan kamu jangan heran, orang yang paling banyak ujian di dunia pasti sangat butuh teman. Para Nabi dan Rasul adalah manusia dengan ujian terberat. Meski mereka juga mendapat dukungan mukjizat, mereka tetap butuh teman.

Orang Jomblo Lebih Cepat Mati

Masih dari penelitian lain, orang yang hidup sendiri alias jomblo, terutama laki-laki usianya lebih pendek, alias cepat mati. Lucu memang, tapi logis.

Kenapa laki-laki yang jomblo lebih cepat mati? Karena laki-laki cenderung suka menyendiri dan tidak bisa merawat dirinya sendiri. Beda dengan perempuan. Meski jomblo, perempuan cenderung gampang bersahabat. Selain itu, perempuan lebih bisa merawat dirinya.

Di Jepang, banyak laki-laki yang paruh baya dan hidup sendiri meninggal tanpa diketahui keluarganya. Bahkan ada yang ketahuan setelah berminggu-minggu.

Intinya kehidupan manusia dari sejak lahir sampai mati tidak bisa sendiri. Ia selalu butuh keterlibatan orang lain. Semakin baik hubungannya dengan manusia lain, kemungkinan dia makin bahagia.

Jadi itu tadi jawaban mengapa manusia disebut sebagai makhluk sosial.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal