Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

  

indra perasa, pengukur suhu

Ada tiga jawaban mengapa indra perasa bukan pengukur suhu yang andal. Yang pertama karena tidak ada angka yang muncul pada indra perasa. Yang kedua, indra perasa sangat dipengaruhi oleh kondisi tubuh. Dan ketiga, karena indra perasa tidak bisa mengukur suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Yuk kita bahas satu persatu agar lebih jelas.

Tidak Menunjukkan Angka

Indra perasa bukan seperti termometer buatan manusia yang menunjukkan hasil berupa angka. Ketika tanganmu kau celupkan ke air hangat, kau tidak bisa menunjukkan apakah air ini suhunya 40 derajat celcius atau 45 derajat celcius.

Yang bisa kau rasakan adalah bahwa air ini lebih panas dibanding air suhu ruangan. Tapi berapa derjat celcius suhunya, kau tidak tahu.

Begitu juga ketika mengukur air yang dingin atau sejuk. Kau tidak bisa tahu pasti apakah air ini suhunya 10 derajat celcius atau 15 derajat celcius. Kau hanya tahu bahwa air ini lebih dingin dari air suhu ruangan.

Baca Juga: Tugas Kelas VII SMP yang Lain
 Sangat Dipengaruhi oleh Kondisi Tubuh

Indra perasa adalah bagian dari tubuh manusia. Semua tubuh manusia antara satu dengan yang lain akan saling mempengaruhi, terutama kondisi organ yang penting seperti otak.

Rasa panas dan dingin yang dirasakan oleh kulit dimunculkan oleh otak. Nah, ternyata di dalam otak, kadang ketika merasakan suhu yang sangat panas maka ada muncul rasa dingin. Begitu sebaliknya. Kadang saat merasakan rasa yang dingin sekali, muncul rasa panas.

Hal ini disebabkan karena panas dan dingin yang berlebihan memicu rasa sakit di otak. Nah karena sama-sama memicu rasa sakit, ketika ada panas yang tinggi, terkadang kulit juga merasakan rasa dingin yang rendah.

Selain itu, merasakan panas dan dingin bisa dilakukan saat kondisi tubuh sehat. Tapi saat sakit, sebagaimana otak memunculkan rasa sakit, rasa panas kadang terasa dingin, sebaliknya yang dingin kadang terasa panas.

Tidak Bisa Mengukur Suhu yang Terlalu Panas atau Terlalu Dingin

Batas suhu yang bisa ditoleransi manusia sangat sedikit. Saat suhu benda yang dipegang manusia melebihi batas ini, maka yang dirasakan secara umum adalah sakit. Yang dirasakan bukan lagi panas atau dingin.

Meski antara satu orang dengan orang lain bisa jadi berbeda, secara umum batasnya adalah antara 15 derajat celcius sampai 45 derajat celcius              .

Artinya bila kamu memegang benda yang suhunya kurang dari 15 derajat celcius, maka yang kau rasakan adalah sakit. Begitu juga dengan di atas suhu 45 derajat celcius. Yang kau rasakan juga adalah sakit.

Itulah beberapa alasan mengapa indra perasa bukan pengukur suhu yang andal. Semoga membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal