Mengapa Persatuan Dan Kesatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia?

perbedaan bisa membuat perpecahan
"Hanya boleh digunakan oleh orang kulit putih" By Ssolbergj

Jawabannya adalah karena bangsa Indonesia terdiri dari suku, agama,ras dan golongan yang berbeda-beda. Perbedaan ini bisa memicu perpecahan. Kalau tidak ada persatuan dan kesatuan, rasanya tidak akan muncul yang namanya bangsa Indonesia.

Contoh Perbedaan Bisa Memicu Perpecahan

Contoh yang paling bisa menggambarkan bagaimana perbedaan bisa memicu perpecahan bahkan peperangan adalah dari dua negara, Jerman dan Afrika Selatan.

Jerman adalah negara besar. Tapi Jerman menyebabkan perang yang besar. Jutaan orang meninggal di seluruh dunia karena perang ini. Perang ini dikenal dengan nama Perang Dunia Kedua.

Sebab terjadinya perang ini adalah karena ada Jendral Adolf Hitler yang meyakini bahwa, rasnya, Aria, adalah ras yang paling unggul. Dan karenanya tidak ada ras lain yang berhak memerintah selain Aria. Maka ia memaksakan kehendak kepada negara-negara lain agar mereka tunduk di bawah Jerman.

Contoh lain adalah Afrika Selatan. Negara ini menerapkan sistem pemerintah yang memisahkan antara ras kulit putih dan ras kulit hitam. Ras kulit putih dianggap sebagai ras yang lebih unggul dan ras kulit hitam adalah ras rendahan.

Sistem ini membuat ada sekolah khusus untuk kulit putih dan ada sekolah khusus kulit hitam. Anak kulit putih tidak boleh masuk sekolah di sekolah kulit hitam. Sebaliknya anak kulit hitam tidak boleh berkeliaran di sekolah kulit putih. Tidak hanya muridnya. Gurunya juga tidak boleh campur.

Sistem ini membuat warga negara Afrika Selatan, terutama antara kulit putih dan kulit hitam, sampai sekarang susah bersatu.

Bayangkan Bila di Indonesia Seperti Jerman atau Afrika Selatan

Bila di Indonesia ada suku yang merasa lebih baik dibandingkan suku lainnya, maka pasti akan ada perpecahan. Minimal ketika ada masalah terjadi pada suku tertentu, suku yang lain tidak akan tergerak membantu.

Tidak mau membantu saat orang lain kesusahan inilah yang dimanfaatkan oleh Belanda. Saat menjajah suatu suku, Belanda bekerja sama dengan suku lain. Misal Suku, Jawa dijajah Belanda. Di saat yang sama Belanda bekerja sama dengan Suku Madura. Karena yang dijajah adalah Suku Jawa, orang Suku Madura enggan membantu. Karena Suku Jawa berbeda dengan Madura.

Ini baru contoh bila ada masalah di antara dua suku. Sementara tercatat ada 633 suku yang berbeda yang hidup di Indonesia. Perbedaan yang sangat besar ini tanpa persatuan dan kesatuan, maka tidak akan ada yang namanya Bangsa Indonesia.

Wallahu a'lam 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal