Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal



Jawaban pertanyaan di atas adalah, karena Al Quran berisi tentang bagaimana sebaiknya manusia berperilaku di dunia. Tidak hanya petunjuk bagi muslim, Al Quran adalah panduan bagi semua manusia. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Manusia Itu Makhluk Allah

Semua hal dalam dunia ini tidak mungkin ada dengan sendirinya. Akal manusia tidak bisa menerima hal itu. Mustahil handphone muncul dengan sendirinya tanpa dibuat oleh pabrik. Tidak mungkin jarum yang kecil bisa ada dengan sendirinya tanpa ada yang membuatnya.

Begitu juga dengan manusia. Tidak mungkin manusia ada atau muncul dengan sendirinya. Pasti ada yang membuat atau menciptakannya. Apakah ibu dan ayah yang menciptakan manusia? Ternyata tidak.

Banyak pasangan yang membuktikan. Bayi lahir tidak bisa dipengaruhi oleh keinginan orang tuanya. Berarti ada yang lebih berkuasa dibanding orang tua yang bisa menentukan kondisi bayi yang dikandung ibu.

Lalu siapa yang menciptakan manusia?

Informasi ini banyak dikaji dan dicari tahu. Tapi bila hanya berbekal pikiran manusia tidak akan ditemukan jawabannya.

Barang yang makin canggih dan mahal saat dibuat akan disertakan juga petunjuk bagaimana mengoperasikan. Handphone saat pertama kali dibeli pasti menyertakan petunjuk penggunaan, bagaimana membongkarnya, di mana tempat servisnya bila terjadi kerusakan.

Maka manusia sebagai ciptaan atau makhluk yang canggih, pasti juga punya petunjuk bagaimana mengoperasikan.

Butuh Petunjuk Operasional

Dan petunjuk terbaik pasti datang dari pencipta. Hape dengan merek Samsung, petunjuk operasionalnya pasti juga dari Samsung. Begitu juga hape merek lain seperti iPhone, Xiaomi, Asus, dan lain sebagainya. Petunjuk terbaik bagaimana menggunakan hape pasti berasal dari pabriknya.

Maka petunjuk bagaimana mengoperasikan manusia yang terbaik adalah dari pencipta manusia. Di dalamnya ada penjelasan, siapa manusia itu, bagaimana ia diciptakan, untuk apa ia diciptakan, bagaimana cara agar bisa berfungsi dengan baik dan apa yang dilakukan bila ada masalah.

Semua itu pasti ada dalam petunjuk operasional. Dan itu semua ada dalam Al Quran.

Sekarang ini muncul fenomena banyaknya orang masuk Islam lantaran Al Quran. Mereka yang masuk Islam ini sebelumnya kebingungan. Mereka tidak tahu alasan mengapa mereka ada di dunia. Mereka mencari tahu informasi tentang manusia ke berbagai sumber.

Dari sekian banyak dan lama pencarian yang mereka lakukan. Mereka menemukan jawaban yang yakin saat membaca Al Quran. Di sanalah mereka menemukan segala hal yang berkenaan dengan petunjuk operasional manusia.

Fitrah Manusia Diarahkan Al Quran

Tunduk kepada Yang Maha Kuasa, menyayangi kedua orang tua, mencintai kebenaran dan kejujuran, menyukai kebaikan dan membenci kejahatan. Ini adalah sebagian dari perilaku alami manusia. Islam menyebutnya sebagai fitrah.

Fitrah ini bagian tak terpisahkan dari manusia. Dari suku dan bangsa manapun manusia, apapun warna kulitnya, ia pasti memiliki sifat dan perilaku alami yang ada sejak ia lahir.

Sifat dan perilaku alami ini sangat jelas diatur dalam Al Quran. Jadi semua manusia pasti merasakan bagaimana Al Quran bisa jadi solusi atas semua permasalahan yang mereka miliki.

Wallahu a'lam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?