Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia?

 

Persatuan bangsa Indonesia, keberagaman Indonesia,

Apakah persatuan tidak penting bagi bangsa lain? Tentu saja tidak. Tapi ada alasan tertentu mengapa persatuan sangat penting bagi Bangsa Indonesia. Alasannya adalah karena penduduk Indonesia terdiri dari banyak suku, agama, ras, dan golongan. Pulau tempat tinggal Indonesia saja jumlahnya lebih dari 13.000.

Kenapa beragamnya penduduk Indonesia mempengaruhi persatuan? Mari kita telisik lebih lanjut.

Pengertian Bangsa

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “bangsa” punya banyak arti. Tapi ada dua yang bisa menjelaskan apa itu bangsa. Yang pertama adalah kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri.

Sementara pengertian bangsa yang kedua adalah secara antropologis. Bangsa adalah kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan kebudayaan dalam arti umum, dan menempati wilayah tertentu di muka bumi.

Bila dilihat dari Bahasa Inggris, bangsa berarti nation. Akar katanya berasal dari Bahasa Perancis, “nacion” yang artinya lahir atau tempat asal. Sementara nacion sendiri berasal dari bahasa Latin “natio” yang artinya kelahiran.

Dari kamus hukum yang paling banyak digunakan di Amerika Serikat, nation adalah

“A large group of people having a common origin, language, and tradition and usu. constituting a political entity.” 

“Sekumpulan besar manusia yang punya asal, bahasa dan tradisi yang sama. Selain itu sekumpulan manusia ini biasanya punya entitas politik yang sama.”

Berarti paling tidak secara umum, sebuah bangsa muncul dari kesamaan asal, bahasa, dan tradisi. Sekarang bandingkan dengan Indonesia yang terdiri dari pulau yang berbeda-beda, punya suku dan bahasa yang berbeda dan tradisi yang berbeda.

Baca Juga: Tugas Kelas X SMA yang Lain 

Susah Bersatu dan Gampang Dijajah

Dengan kondisi Indonesia yang seperti ini, tidak heran bila Bangsa Indonesia gampang dijajah dan dipecah-pecah. Karena memang masing-masing daerah punya bahasa sendiri-sendiri, punya kebiasaan sendiri-sendiri dan aturan yang berbeda satu sama lain.

Ketika ada daerah lain yang terdiri dari suku yang berbeda dijajah oleh Belanda, tidak muncul rasa untuk saling menolong. Karena memang merasa bukan satu bangsa.

Persatuan Amat Sangat Penting bagi Bangsa Indonesia

Dari hal-hal di atas, terbayangkan betapa butuhnya Bangsa Indonesia dengan persatuan. Kalau bangsa-bangsa lain mudah bersatu karena merasa, ada kesamaan asal, bahasa, dan budaya. Mereka lebih mudah bersatu.

Sedangkan Indonesia sangatlah beragam. Untuk menyatukan Indonesia tidak mudah. Dan untuk mempertahankan persatuan itu juga tidak mudah.

Sejarah penjajahan Indonesia oleh bangsa lain sudah membuktikan hal itu. Oleh karenanya kita sebagai penerus bangsa wajib mempertahankan persatuan bangsa.

Sekali lagi, mengapa persatuan sangat penting bagi Bangsa Indonesia? Karena Bangsa Indonesia terdiri dari beragam pulau tempat tinggal, suku, agama dan budaya. Dan keberagaman ini kalau tidak disatukan akan mudah berpisah.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal