Apakah Lingkungan Hanya Bermanfaat Bagi Manusia? Tentu Tidak

 

Lingkungan bermanfaat bagi manusia, benda mati dan benda hidup saling memberi pengaruh

Lingkungan juga bermanfaat bagi hewan dan tumbuhan, tidak hanya manusia. Bahkan makhluk hidup yang lain yang tidak terlihat juga mendapat manfaat dari lingkungan.

Lingkungan adalah suatu kawasan terdiri atas benda hidup dan benda mati yang saling memberi pengaruh. Benda hidup bisa memberi pengaruh kepada benda hidup lain sekaligus kepada benda mati.

Sebaliknya adanya benda mati juga bisa memberi pengaruh kepada benda hidup sekaligus kepada benda mati lainnya.

Contoh Saling Mempengaruhi dalam Lingkungan

Misal, di sebuah rumah, ada manusia, ada bangunan rumah, ada semut, ada halaman, ada selokan, ada sampah, ada tikus dan lain-lain.

Manusia bisa memberi pengaruh kepada semut. Karena dengan adanya manusia, biasanya ada sisa-sisa makanan yang bisa dijadikan makanan oleh semut. Ini berarti lingkungan memberi manfaat kepada semut.

Bangunan rumah jelas memberi manfaat kepada manusia. Tapi bangunan rumah juga memberi manfaat kepada tikus. Karena dengan adanya bangunan rumah, berarti ada loteng atau tempat tinggal baru. Ini berarti lingkungan memberi manfaat kepada tikus.

Ketika tikus mati dan terkubur dalam tanah, bangkainya akan dimakan oleh makhluk hidup yang hidup di dalam tanah seperti cacing dan sebagainya. Cacing dan hewan kecil lainnya akan mengeluarkan kotoran. Nah kotoran ini justru mengandung bahan yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk tumbuh subur.

Baca Juga: Tugas Kelas 4 SD Yang Lain 

Benda Mati juga Bisa Memberi Manfaat

Tanah yang subur sebenarnya benda mati. Tapi dengan adanya bahan yang bermanfaat di dalamnya, tanah bisa memberi manfaat kepada tumbuhan yang ada.

Jadi, semua yang berada di lingkungan bisa saling memberi pengaruh dan manfaat. Tidak hanya benda hidup, tapi juga benda mati.

Air adalah benda mati. Tapi air sangat berpengaruh bagi semua makhluk hidup. Tanpa air, hewan, tumbuhan dan bahkan manusia akan mati. Oleh sebab itu hematlah dalam memakai air.

Udara adalah benda mati. Tapi semua makhluk hidup butuh udara. Bila udara tercemar, maka manusia, hewan dan tumbuhan akan mati. Makanya, jangan mencemari udara dengan polusi.

Itu tadi jawaban dari pertanyaan apakah lingkungan hanya bermanfaat bagi manusia? Ternyata jawabannya tidak. Lingkungan tidak hanya bermanfaat bagi manusia tapi bagi semua makhluk yang tinggal di lingkungan itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal