Mengapa Air Penting Bagi Manusia? Karena Air Menyusun Manusia



Mungkin kau tidak sadar bahwa sebagian besar tubuh manusia tersusun dari air. Setiap hari manusia melakukan aktivitas dan jumlah airnya berkurang. Butuh air untuk mengisi ulang tubuh manusia.

Masih bingung? Simak dulu penjelasannya.

Banyak yang mengira bagian tubuh manusia yang membutuhkan air adalah darah. Itu benar. Darah memang mengandung banyak air. Tapi selain darah banyak bagian tubuh manusia tersusun dari air.

Kulit mengandung air. Bila tidak cukup air dan menjadi kering, peran kulit melindungi tubuh akan berkurang. Banyak mikroorganisme dan zat berbahaya yang bisa masuk ke tubuh melalui kulit.

Mata juga mengandung air. Bahkan ada air mata yang punya tugas memberikan air yang cukup. Bila tidak cukup air, mata akan menjadi rusak.

Di dalam tubuh, sel-sel dalam tubuh manusia sangat tergantung dengan air. Untuk mengantar zat makanan dan mengeluarkan hasil samping metabolisme, dibutuhkan air. Bila sel kekurangan air, dipastikan ia tidak akan bertahan hidup dalam waktu yang lama.

Dan kembali lagi, darah. Ini adalah cairan yang berkeliling dalam tubuh manusia 24 jam tanpa henti. Perannya yang besar dalam menjaga tubuh adalah utama. Darah ini sebagian besarnya juga disusun oleh air. Ia tidak akan bekerja optimal bila jumlah air dalam tubuh berkurang.

Tiga hari adalah lama waktu manusia bisa bertahan hidup tanpa air. Terlalu banyak fungsi tubuh yang sangat tergantung dengan air. Itulah arti penting air bagi manusia.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal