Mengapa Kita Harus Memiliki Sifat Sabar?



Menurutku, jawaban pertanyaan ini ada dua. Yang pertama karena kau bukan pemilik dunia ini. Dan bukan kau yang mengaturnya. Jawaban yang kedua adalah karena sabar membuatmu terhindar dari penyesalan.

Sabar Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dua jawaban di atas ternyata berhubungan erat dengan definisi sabar menurut KBBI. Mari kita lihat satu per satu.

Arti sabar pertama adalah tahan menghadapi cobaan (tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, tidak lekas patah hati; tabah. Sedangkan arti sabar yang kedua adalah tenang; tidak tergesa-gesa; tidak terburu nafsu.

Dua pengertian sabar ini saling terkait. Dan oleh karenanya, dua jawaban kenapa harus sabar juga saling terkait. Mari kita bahas sedikit lebih dalam.

Bersabarlah Karena Kau Bukan Pemilik Dunia

Ya, mengapa kau harus sabar? Karena kau bukan pemilik dunia ini. Kau tidak menciptakan dunia dan isinya. Dan aturan yang ada di dalamnya juga bukan aturanmu.

Kalau kau pencipta dan pemilik dunia ini, kau bisa mengatur sesuai keinginanmu. Kau pasti ingin makanan enak tersedia di meja makan tapi tidak usah bekerja. Kau ingin bisa kaya tanpa harus jatuh bangun usaha. Bahkan kau ingin agar kau bisa sehat terus tanpa sakit apapun yang terjadi.

Mungkin masih banyak lagi keinginanmu yang lain. Kau ingin kaya, terkenal, jadi idola banyak orang, punya pasangan cantik atau tampan dan baik hati. Sekali lagi kalau kau adalah pemilik dunia dan isinya, kau bisa mengatur sesukamu.

Tapi karena dunia ini bukan milikmu kau harus bersabar. Kalau kau ingin makan mie goreng, kau harus memasak atau membelinya terlebih dulu. Ini baru keinginan sepele, apalagi keinginan besar lain, pasti banyak usahanya dan kau harus bersabar.

Kalau kau tidak sabar dengan aturan yang ada di dunia, kau kujamin tidak akan bahagia. Kau pasti merasa stres tingkat tinggi.

Bersabarlah Agar Terhindar dari Penyesalan

Jawaban kedua mengapa harus sabar berhubungan dengan jawaban pertama. Karena dunia ini bukan milikmu, dan aturan yang ada di dalamnya bukan aturanmu maka untuk meraih keinginanmu kau harus bersabar.

Usaha yang kau lakukan untuk meraih keinginan harus sesuai aturan. Misal ada aturan di dunia ini menyatakan kalau kau ingin menerima sesuatu, kau harus memberikan sesuatu.

Kalau kau ingin mie goreng sekarang, kau harus memberikan uang kepada penjual mie goreng. Kalau kau tidak punya uang kau harus bekerja dulu untuk mendapat uang, baru bisa membeli mie goreng.

Kalau kau ingin makan mie goreng sekarang tapi tidak punya uang pasti ada yang akan diambil darimu. Bisa jadi penjualnya marah dan memukulmu. Kesehatanmu diambil.

Atau bisa juga penjual itu memberi gratis, tapi ada rasa hormat yang diambil darimu. Kau akan dianggap sebagai orang tidak mampu.

Nah, menyesuaikan diri dengan aturan ini butuh waktu. Kalau kau melakukannya tergesa-gesa alias tidak sabar, akan muncul penyesalan di belakang.

Seperti contoh di atas, kalau kau tidak sabar ingin makan mie goreng tanpa bayar, maka kau bisa lebam, atau jadi orang yang tidak dihormati. Akan ada penyesalan di belakang. Nah biar tidak menyesal, kau harus bersabar.

Itu ya, jawaban dari pertanyaan mengapa harus punya sifat sabar. Yang pertama karena dunia ini bukan milikmu, dan aturannya bukan aturanmu. Yang kedua sifat sabar akan menghindarkan kamu dari penyesalan.

Wallahu a'lam.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal