Mengapa Kita Harus Menjaga Kelestarian Tanaman Bakau?



Alasan utama kenapa kita harus menjaga kelestarian tanaman bakau adalah karena tanaman bakau menjaga kita dari ancaman bahaya ombak besar dari laut. Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

Faktanya, Indonesia adalah negara kepulauan dengan luas wilayah laut yang jauh lebih besar dari daratannya. Selain itu tempat tinggal penduduknya berada di dataran rendah. Maka ancaman bencana besar yang memungkinkan adalah dari ombak laut yang menghantam daratan.

Tsunami tanpa Bakau

Masih jelas tergambar bencana Tsunami yang melanda Aceh. Sebagian besar korban jiwa adalah yang tinggal di daerah pesisir atau dataran rendah di sekitar pantai.


Sebenarnya bencana ini bisa dikurangi korbannya dengan menjaga kelestarian tanaman bakau.

Tanaman bakau adalah jenis tanaman yang tumbuh di pesisir laut. Tanaman ini hidup bergerombol dan membentuk lapisan pepohonan yang kuat menahan hempasan gelombang laut.

Selain itu tanaman bakau juga menjadikan tanah di bawahnya menjadi tempat berkumpulnya lumpur. Lumpur inilah yang nantinya jadi tempat bersemainya bibit bakau yang baru.

Memang masih banyak lagi manfaat tanaman bakau. Tapi manfaat yang paling penting bagi manusia adalah manfaatnya menghindarkan manusia dari ancaman bahaya gelombang besar seperti tsunami.

Saat gelombang tsunami bertemu dengan gerombolan pohon bakau, laju airnya akan melambat. Semakin tebal kawasan bakau, semakin besar pengurangan laju airnya. Jadi meskipun tidak bisa menahan sempurna seperti tembok, bahaya ombak akan sangat berkurang.

Dengan makin lambat laju air, penduduk punya waktu tambahan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Jadi, alasan mengapa harus menjaga kelestarian tanaman bakau adalah untuk melindungi manusia dari ancaman bahaya ombak besar dari laut.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal