Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan?



Setiap orang ada persamaan dan ada perbedaan. Bahkan saudara kembar pun punya perbedaan. Perbedaan bisa membuat perpecahan. Lalu mengapa harus menghargai perbedaan?

Jawaban intinya ada dua. Pertama, karena kita tidak punya kemampuan di semua hal. Yang kedua, kita tidak punya pengetahuan tentang semua hal. Singkatnya karena kemampuan dan pengetahuan kita terbatas, kita butuh orang lain. Makanya bila ada perbedaan, harus tetap dihargai.

Masih bingung, begini penjelasannya.

Masing-masing kita secara individu punya kelebihan dan kekurangan. Saat kita punya persamaan di saat yang sama kita juga punya perbedaan. Dengan berbagai proses pendidikan dan pengalaman yang dialami kita jadi pribadi yang berbeda.

Perbedaan Kemampuan

Ada orang yang sangat ahli menulis tapi lemah saat membawa beban berat. Sebaliknya ada orang yang berkebalikan. Ini berbeda, tapi tidak harus jadi musuh. Keduanya bisa bekerja sama dan saling memberi keuntungan.

Bayangkan bila karena perbedaan ini dua orang yang punya kemampuan beda tidak menghargai. Yang ahli menulis bilang, "Buat apa punya otot kalau tidak punya otak". Padahal untuk buat rumah, harus ada yang angkat beban berat.

Sebaliknya yang kuat fisik tidak menghargai orang yang pandai. "Punya otak kalau fisiknya nggak kuat, nggak akan bisa apa-apa." Padahal untuk mendidik anak dan keluarga butuh orang yang pandai.

Bayangkan kalau dua orang yang berbeda kemampuan ini tidak saling menghargai perbedaan. Yang ahli menulis tidak punya rumah untuk tinggal, yang kuat fisiknya tetap bodoh karena tidak ada yang mengajari.

Itulah penjelasan pertama kenapa kau harus menghargai perbedaan. Kau tidak bisa menguasai semua kemampuan. Kau butuh orang lain. Kalau lain tak menghargai perbedaan yang ada di orang lain, saat kau butuh, tidak ada yang mau membantumu.

Baca juga: Tugas Kelas VII SMP yang lain

Perbedaan Cara Berpikir atau Pengetahuan

Selain berbeda kemampuan, masing-masing kita juga punya beda cara berpikirnya. Ada yang pikirannya jangka panjang, ada yang jangka pendek, ada juga jangka panjang digabung jangka pendek.

Perbedaan cara berpikir ini penting saat menghadapi masalah terutama masalah baru. Cara berpikir yang beda membuat masing-masing orang dalam menghadapi masalah punya solusi berbeda.

Solusi yang berbeda ini tidak harus dipertentangkan. Sebaliknya ada banyak sudut pandang yang membuat masalah bisa dilihat dari berbagai sisi. Ada solusi yang mungkin bisa menyelesaikan masalah tapi tidak pernah terpikir sebelumnya.

Atau bisa jadi ada solusi yang sebenarnya bisa membawa masalah yang lebih besar tapi tidak terpikirkan sebelumnya. Saat rapat atau musyawarah, perbedaan cara berpikir ini penting.

Kesimpulannya

Masing-masing kita punya perbedaan. Dan kita tidak mungkin menguasai semua hal. Kita butuh orang lain. Jangan sampai kita tidak bisa menyelesaikan masalah karena orang yang punya keahlian dan pengetahuan membantu kita justru memusuhi.

Hargai perbedaan yang ada karena kita tidak bisa menyelesaikan masalah kita sendirian.

Wallahu a'lam.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Kita Mesti Mematuhi Hukum? Jelaskan?

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam?

Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah?

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal?

Mengapa Kita Harus Istiqomah? Ada Dua Jawaban Yang Berbeda

Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya?

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar? Bagaimana dengan Takdir?

Mengapa Al Quran Disebut sebagai Kitab yang Bersifat Universal